Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) kembali menggelar Anugerah ASN di 2021. Pelaksanaannya ditetapkan berdasarkan Keputusan Menteri PANRB Nomor 344/2021 tentang Pedoman Pelaksanaan Anugerah ASN Tahun 2021. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, Anugerah untuk para PNS terbaik kali ini hadir dengan empat kategori, yakni Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT) Madya Teladan, PPT Pratama Teladan, ASN Inspiratif, dan The Future Leader.

Anugerah ASN 2021 mengusung tema ASN BerAKHLAK. Semangat yang ingin ditekankan agar penerima penghargaan Anugerah ASN ini nantinya dapat menjadi inspirasi dan role model dalam mengejawantahkan core values BerAKHLAK dan employer branding PNS Bangga Melayani Bangsa dalam pengabdiannya dimanapun ia ditugaskan. Melalui penyelenggaraan Anugerah ASN 2021, PNS juga didorong untuk peka terhadap situasi pandemi Covid-19 dan turut berkontribusi nyata dalam bentuk inovasi dan dedikasi.

Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB Alex Denni mengungkapkan, ke-41 kandidat yang lolos Seleksi Tahap II akan melaju ke tahap Verifikasi Lapangan. “Verifikasi Lapangan dilaksanakan pada 26-30 November 2021 secara virtual dengan menyesuaikan kondisi pandemi Covid-19,” ujar Alex di Jakarta, Minggu (21/11).

Kandidat yang lolos Seleksi Tahap II selanjutnya diminta untuk melengkapi curriculum vitae (CV) yang terdiri dari deskripsi diri, pengalaman jabatan, riwayat pendidikan, aktivitas non kedinasan serta riwayat penghargaan dan inovasi. Kandidat juga wajib mengunggah video berdurasi maksimal 5 menit yang berisi penjelasan inovasi dan testimoni dari rekan kerja, atasan langsung, atau penerima manfaat inovasi tersebut. Video Inovasi diunggah melalui Google Drive atau kanal Youtube kandidat yang bersangkutan. Bagi kandidat yang tidak memiliki akun Youtube dapat mengunggah Video Inovasi di akun instansi terkait. “Batas akhir pengumpulan dokumen dan video pada 25 November 2021,” imbuh Alex yang juga selaku Ketua Pelaksana Anugerah ASN 2021.

Alex menjelaskan, Verifikasi Lapangan dilakukan untuk melakukan validasi dan melihat langsung inovasi yang dimiliki kandidat untuk memastikan orisinalitas dan dampak inovasi yang dimiliki. Verifikasi Lapangan akan dilakukan oleh Dewan Juri yang terdiri dari akademisi, praktisi, profesional dan/atau pemerhati manajemen SDM.

Dewan Juri Anugerah ASN 2021 antara lain Business Coach and Communication Specialist Helmy Yahya, Kepala LAN Adi Suryanto, Ketua KASN Agus Pramusinto, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja, Penulis dan Pegiat Literasi Maman Suherman, Pegiat Perpustakaan Digital Sulasmo Sudharno, Praktisi Transformasi Digital Ahmad Nugraha, CEO Good News From Indonesia (GNFI) Wahyu Aji, CEO Blue Bird Noni Sri Ayati Purnomo, serta Country Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi.

Lanjutnya dikatakan, peserta yang memenuhi kriteria dan lolos dalam tahapan Verifikasi Lapangan selanjutnya akan melaju pada tahap Presentasi dan Wawancara. “Melalui tahapan Verifikasi Lapangan akan dipilih 24 kandidat yang akan melaju ke tahap Presentasi dan Wawancara yang dilakukan di depan Tim Juri profesional di bidangnya masing-masing,” pungkas Alex. (del/HUMAS MENPANRB)

Salah satu dari daftar Nomine Hasil Seleksi Tahap II Anugerah ASN Tahun 2021 Kategori PPT Pratama Teladan adalah Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Pemerintah Kota Tegal yaitu Bapak

Redemptus Heru Setyawan – Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Pemerintah Kota Tegal

Pengumuman dapat diunduh pada tautan berikut :
https://menpan.go.id/site/berita-terkini/info-terkini/pengumuman-seleksi-tahap-ii-anugerah-asn-2021-jakarta-20-november-2021