Kota Tegal meraih penghargaan Top Inovasi Terpuji (TOP 45) Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Klaster Kota tahun 2021 dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB).

Penghargaan diterima Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono secara daring dalam acara Penerimaan Anugerah Penghargaan Top Inovasi Pelayanan Publik Terpuji KIPP tahun 2021 oleh KemenPANRB, Selasa (9/11/2021).

Dedy mengikutinya dari Command Room Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) di kompleks Balai Kota Tegal. Dedy sempat mengangkat piala dan piagam penghargaan yang kemudian berfoto bersama dengan Menteri PANRB, Tjahjo Kumolo secara virtual.

Dedy mengaku terima kasih kepada KemenPANRB yang telah memberikan kesempatan Pemkot sebagai pelayanan terbaik seluruh nusantara

‘’Tentunya penghargaan ini sebagai motivasi dalam peningkatan pelayanan masyarakat di Kota Tegal,’’ kata Dedy Yon dalam keterangannya.

Sementara Deputi Bidang Pelayanan Publik KemenPANRB Diah Natalisa dalam sambutannya menyampaikan, kementerian, lembaga dan pemerintah daerah memberikan dorongan untuk meningkatkan pelayanan publik.

‘’Dorongan yang dimaksud  adalah menciptakan partisipasi publik untuk menumbuhkan, meningkatkan pelayanan pada sektor pemerintahan. Salah satu strateginya adalah memberikan penghargaan kepada penyelenggara pelayanan publik,” kata Diah.

“Seperti lembaga, pemerintah, kementerian, BUMN, BUMD yang melaksanakan public service obligation yang memiliki prestasi di bidang pelayanan publik,’’ sambung Diah.

Diah menambahkan, KIPP dilaksanakan sejak tahun 2014 dan tahun 2021 ini merupakan KIPP yang ke-8.

Seperti diketahui, sesuai  pengumuman dari Menteri PANRB Nomor B/181/PP.00.05/2021 Tanggal 29 Juli Tahun 2021 e-KELURAHAN (Pelayanan Surat Keterangan/Pengantar Kelurahan dengan Tanda Tangan Elektronik) dari Diskominfo sebagai perwakilan Kota Tegal berhasil terpilih sebagai salah satu TOP Inovasi Pelayanan Publik Terpuji atau TOP 45 Inovasi Pelayanan Publik kategori umum

Sebelumnya inovasi e-Kelurahan berhasil lolos seleksi Final TOP 99 setelah melalui tahap presentasi dan wawancara dihadapan Tim Penilai Independen KIPP 2021 pada tanggal 6 Juli 2021.

Sebagai peserta Kompetisi Kategori Umum, e-Kelurahan bersaing bersama 99 inovasi lainnya dari Kementerian, lembaga negara, BUMN, BUMD, dan Pemerintah Tingkat Provinsi serta Kabupaten/Kota.

Pengumuman pemenang Top Inovasi Pelayanan Publik Terpuji tersebut telah diperkuat dengan Keputusan Menteri PANRB Nomor 1024 Tahun 2021 tanggal 28 Juli  tentang Top Inovasi Pelayanan Publik Terpuji Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik di Lingkungan Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, Badan Usaha Milik Negara dan Badan Usaha Milik Daerah Tahun 2021.

Dalam Keputusan Menteri disebutkan bahwa e-Kelurahan berhak menyandang gelar sebagai Top Inovasi Pelayanan Publik Terpuji KIPP 2021 bersama 45 Inovasi kategori umum lainnya.

Disebutkan bahwa urutan Top Inovasi Pelayanan Publik Terpuji Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik di Lingkungan Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, Badan Usaha Milik Negara dan Badan Usaha Milik Daerah Tahun 2021 disusun berdasarkan abjad intansi dan tidak menggambarkan peringkat.

Hal tersebut menunjukkan bahwa e-Kelurahan sejajar dengan inovasi-inovasi terpuji lainnya yang diusung oleh perwakilan Kementerian/Lembaga, BUMN/BUMD dan Pemerintah Daerah lain di seluruh Indonesia.

Dalam sesi paparan dan wawancara pada 6 Juli 2021 lalu, yang diikuti oleh Sekda Kota Tegal, Johardi, yang didampingi oleh inovator dari Diskominfo menjelaskan bahwa e-Kelurahan merupakan terobosan Pemkot Tegal dalam menjawab kebutuhan masyarakat akan layanan yang cepat, mudah dan dapat diakses darimana saja. (*)